Kenapa saya harus menunggu catnya benar-benar kering? Kenapa saya tidak dapat memolesnya segera setelah catnya mengering? 

Diposting pada

Bayangkan sepatu dan talinya.Kalau kamu mengikat tali sepatu kamu dan kamu mencoba untuk menariknya,anda tidak bakal sanggup melakukannya sebab mereka telah menyatu.Sama dengan cat,pada tingkat molekul.Anda membawa tali panjang yang terdiri atas molekul cat dan carrier yang menggantung di dalam solvent.Setelah solvent mengering, ikatan pada cat dan carrier bakal terasa terjalin.Ini yang membawa dampak cat menjadi lebih keras.Semakin sedikit solvent,catnya bakal jadi keras.Semakin keras catnya,proses memoles bakal jadi baik dan kamu bakal beroleh cat yang mengilap seperti kaca.Itulah kenapa kamu kudu menanti hingga cat benar-benar mengering.

Bagaimana aku tahu catnya telah benar-benar mengering?

Tidak tersedia cara pasti untuk tahu apakah catnya telah benar-benar mengering, tetapi berdasarkan uji coba yang telah dilakukan,inilah sebagian arahan untuk tiap tiap model cat.Setiap model dan merek cat membutuhkan selagi yang tidak serupa supaya benar-benar mengering.Sebagai contoh, cat lacquer akan mengering didalam sebagian hari,tapi cat enamel mungkin membutuhkan selagi sebagian minggu bahkan bulan,dan hal yang serupa untuk cat acrylic.Hal itu terhitung berkenaan dengan suhu penyimpanan anda.

Lihat Juga : Cat Kolam Renang

Tes paling simple yang sanggup kamu melaksanakan adalah tes bau.Cium/enduslah permukaan cat.Kalau tidak berbau seperti cat,anda sanggup menyimpulkan catnya telah kering atau bakal kering sebentar lagi.Ini sebab kamu telah tidak mencium bau solvent-nya lagi – ingat di atas? – solvent-nya telah menguap,yang bermakna tidak banyak solvent yang tertinggal di model.Ini adalah metode paling aman.Selain cara ini,anda sanggup menekan keras-keras permukaan yang dicat memakai jari,dan perhatikan apakah tersedia berkas sidik jari di permukaannya.Tapi andaikata kamu tidak benar dan permukaan cat ternyata belum kering,maka kamu kudu mengecat lagi model kit anda.

Cara terbaik untuk mengeringkan cat adalah dengan belanja pengering makanan – food dehydrator.Food dehydrator menguapkan solvent menggunakan panas.Karena solvent akan menguap terkecuali terkena panas.Jadi jadi banyak panas yang kamu berikan,semakin cepat solvent-nya menguap.Disinilah kegunaan food dehydrator.Anda sanggup membeli food dehydrator di am*z*n.com seharga kurang lebih $40 atau Rp.400.000 atau cek toko peralatan dapur atau cari di forum.
Note: Food dehydrator sedikit banyak tidak sama dengan oven kue ibu anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *