Pentingnya Manajemen Keuangan Bagi Bisnis Perusahaan

Diposting pada

Software Akuntansi – Sebuah perusahaan mampu dikatakan berkembang dengan baik jikalau perusahaan tersebut mempunyai manajemen keuangan yang tertib dan baik pula. Terlebih di masa globalisasi seperti sekarang ini, suatu perusahaan dituntut untuk mempunyai manajemen keuangan yang sesuai dengan standart kode etik yang berlaku supaya perusahaan tersebut mampu berkompetisi secara ketat dengan perusahan-perusahaan lainnya.

Manajemen keuangan sendiri merupakan aktivitas yang dijalankan oleh sebuah perusahaan di dalam memperoleh dana sebagai modal untuk bekerja dan mengalokasikan dana tersebut secara efektif serta mengelola aset-aset yang dimiliki oleh perusahaan secara tertib untuk meraih target dari sebuah perusahaan. Manajemen keuangan di dalam sebuah perusahaan mempunyai kegunaan sebagai berikut:

  1. Manajemen keuangan berfungsi sebagai pengelola keuangan di mana dijalankan penyusunan rencana pemasukan dan pengeluaran dana di dalam periode tertentu. Kemudian, dibuatnya anggaran dana yang masuk maupun muncul secara detil supaya penggunaan dana mampu terjadi secara maksimal.
  2. Manajemen keuangan berfungsi sebagai penyimpanan keuangan di mana dana-dana di dalam perusahaan disatuka selanjutnya disimpan secara aman.
  3. Manajemen keuangan mampu berfungsi sebagai pengendali keuangan yaitu dengan laksanakan evaluasi atau melakukan perbaikan proses kondisi keuangan di dalam suatu perusahaan.
  4. Manajemen keuangan berfungsi sebagai pemeriksa keuangan yaitu dengan laksanakan audit internal terhadap keuangan terhadap perusahaan supaya tidak ada penyalahgunaan dana di dalam perusahaan.
  5. Manajemen keuangan berfungsi sebagai area untuk sediakan informasi berkenaan keuangan di dalam suatu perusahaan.

Manajemen keuangan amat dibutuhkan dan merupakan sesuatu yang mutlak di dalam tiap tiap perusahaan apapun tipe perusahaannya. Dengan adanya manajemen keuangan, usaha yang dijalankan oleh sebuah perusahaan mampu terjadi secara maksimal supaya perusahaan tersebut mampu memperoleh keuntungan yang besar. Jika perusahaan mempunyai manajemen keuangan yang buruk maka perusahaan tersebut dapat mengalami kegagalan di dalam menjalankan bisnisnya. Lantas seberapa pentingnya manajemen keuangan bagi perusahaan? Mari simak pembahasan tersebut ini.

  1. Dengan adanya manajemen keuangan yang maksimal maka perusahaan mampu sadar aset mana yang dapat membuahkan pendapatan bagi perusahaan pas laksanakan pembelian aset tersebut. Jumlah pendapatan yang dihasilkan dari pembelian aset perlu diseimbangkan dengan jumlah pendapatan yang dapat dikeluarkan supaya perusahaan mampu laksanakan pertimbangan di dalam keuangan untuk modal belanja yang dapat dijalankan perusahaan. Jika pengeluaran modal dikelola secara efektif maka perusahaan tidak perlu terpaksa di dalam meminjam modal yang besar untuk aset yang tidak dapat menambahkan pendapatan yang cukup bagi perusahaan.
  2. Perusahaan dengan manajemen yang baik dapat mempunyai pengelolaan arus kas yang baik pula supaya perusahaan dapat tetap mempunyai kas yang cukup untuk membayar sewa, asuransi, telepon, gaji karyawan, dan sebagainya. Perusahaan mampu membandingkan tanggal jatuh tempo terhadap piutang usaha dengan tanggal jatuh tempo terhadap tagihan yang terutang. Arus kas mampu dikelola dengan mempersingkat pas yang telah ditetapkan kepada pelanggan di dalam membayar tagihan atau mampu laksanakan negosiasi terhadap tanggal jatuh tempo kepada vendor.
  3. Manajemen keuangan amat berpengaruh terhadap usaha suatu perusahaan yaitu menjaga cost supaya tetap rendah. Perusahaan mampu menghendaki vendor untuk merendahkan harga, mengurangi penggunaan listrik, maupun belanja persediaan di dalam jumlah yang banyak supaya memperoleh diskon di dalam pembelian tersebut. Jika cost tidak dikelola dan dipantau dengan baik, perusahaan dapat sering menaikkan harga penjualan kepada customer demi membayar kenaikan harga yang konsisten terjadi. Lama-kelamaan customer mampu ganti ke perusahaan lain yang jauh lebih murah dan perusahaan pun mampu mengalami kegagalan bisnis.
  4. Manajemen keuangan mampu menunjang perencanaan pajak terhadap sebuah perusahaan. Perencanaan pajak yang dijalankan mampu menunjang perusahaan di dalam memicu estimasi perpajakan. Dengan demikian, perusahaan mampu buat persiapan dana lebih untuk membayar pajak secara pas pas supaya jauhi adanya pembayaran denda pajak disaat terlambat di dalam pembayaran pajak.

Pembahasan di atas merupakan alasan betapa pentingnya sebuah manajemen keuangan di dalam sebuah usaha perusahaan. Jika perusahaan Anda menghendaki berkembang secara maksimal dan memperoleh keuntungan yang besar maka perusahaan tersebut perlu mengelola dengan baik manajemen keuangan yang diterapkan di dalam perusahaan tersebut. Untuk memudahkan Anda laksanakan manajemen keuangan di perusahaan, ada baiknya Anda menerapkan sebuah sistem, keliru satunya Ukirama ERP. Sistem ini mampu mencatat seluruh transaksi di perusahaan Anda dan mengintegrasikannya ke di dalam laporan keuangan. Informasi lebih lanjut berkenaan Ukirama ERP mampu dilihat di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *