RANGKUMAN MATERI SEPAKBOLA

Diposting pada

Nonton Streaming Bola – Hai teman-teman yang dikasihi Tuhan. Kali ini kami akan memberikan rangkuman sepakbola. tentu permainan ini sudah tidak asing lagi bagi kalian. Tapi sayang, masih banyak orang yang belum mengenal lebih jauh tentang bola, berikut ini rangkumannya.

Note: kata-kata yang di blok dengan warna kuning merupakan cara dari kami untuk memudahkan kalian mencari pokok-pokok pembelajaran

A. Sejarah

Sepakbola mulai dimainkan pada abad ke-2 dan ke-3 di tiongkok. Permainan sepakbola juga sudah mulai dimainkan di Jepang dengan nama “Kemari”. Walaupun pertamakali dikenal di tiongkok, tapi sepakbola modern dimulai di negara Inggris.
Permainan ini dimainkan 11 orang dengan lama permainan 2×45 menit
Perpanjangan waktu 2 x 15 menit

Jika perpanjangan waktu belum ada pemenangnya, dilanjutkan adu penalti

Jika adu penalti belum juga, dilanjutkan lempar koin

Permainan ini sempat dilarang Raja Edward III karena permainannya sangat kasar dan suporternya juga ikut rusuh. Pada 1815 terjadi perkembangan besar dalam sepakbola yang mulai dikenal di berbagai daerah seluruh dunia.
Pada 1904 dibentuk organisasi FIFA( Federation International Football Association) di Swiss.

Kompetisi resmi pertamakali diselenggarakan di Inggris dengan nama FA Cup yang sekarang masih ada setiap tahun. Kompetisi Internasional antar negara( Piala Dunia) dimulai 1930 di Uruguay

Sejarah di Indonesia

Sejarah sepakbola Indonesia dimulai ketika masih dijajah oleh Belanda, saat itu orang pribumi gabungdengan orang Belanda(non pribumi) dalam tim sepakbola.

Saat itu nama negaranya Hindi Belanda, saat itu juga Hindi Belanda berhasil 1938lolos ke Piala Dunia , walaupun kalah di putaran pertama oleh Hungaria.

Organisasi nasional di Indonesia dibentuk pada 19 April 1930 dengan nama PSSI ( Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia), pertama kali berada di Yogyakarta.

B. Dasar-dasar Sepakbola
www.RangkumanMateri1.blogspot.co.id
1. Dribbling
Saat bermain sepakbola hal paling dasar dan keterampilan utama yang harus kita miliki adalah dribbling/menggiring bola. Dribbling dalam sepakbola didefinisikan sebagai pergerakan kaki dengan bola di lapangan.

Ketika seorang pemain sudah menguasai dirbbling dengan efektif, maka semakin tinggi konstribusi pemain di sebuah tim. Dribbling dibagi menjadi 4 cara yaitu : Dribbling dengan kaki bagian dalam, bagian luar,bagian kura-kura kaki, dan pada bagian sol sepatu.

• Dribbling dengankaki bagian dalam

Dribbling menggunakan sisi kaki bagian dalam memungkinkan seorang pemain untuk menggunakansebagian besar permukaan kaki(telapak kaki) sehingga kontrol terhadap bola semakin besar. Contoh dribbling menggunakan kaki bagian dalam adalah seperti gambar diatas.

Dribbling seperti ini biasanya dilakukan oleh pemula, kelemahan dribbling seperti ini adalah mengurangi kecepatan pemain, tetapi baiknya dribbling seperti ini dapat memberikan perlindungan lebih terhadap bolayang akan direbut lawan,
lihat saja gambar diatas, pemain tersebut melindungi bola dari pemain dibelakangnya.

• Dribbling dengan kaki bagian luar

Dribbling dengan kaki bagian luar merupakan step/langkah kedua bagi pemula untuk meningkatkan keterampilan dribble nya.

Dribbling ini adalah salah satu cara untuk mengontrol bola. Keterampilan mengontrol bola ini digunakan saat pemain berlari dan mendorong bola supaya bola tetap di kaki bagian luar.

Dribbling seperti ini digunakan untuk merubah arah bola atau bersiap mengoper bola kepada rekan,
Dribbling seperti ini tidak mengurangi kecepatan pemain dan justru mempercepat laju pemain saat membawa bola.

• Dribbling dengan kura-kura kaki

Dribbling dengan kura-kura kaki hampir sama dengan dribbling menggunakan kaki bagian luar. Bedanyadribbling ini menggunakan kaki bagian tengah.(Permukaan kaki)
Tapi kebanyakan pemula salah dalam melakukan dribbling ini, kesalahan umum yang dilakukan adalah mendribble menggunakan ujung jari kaki, sedangkan yang benar adalah dengan bagian sepatu tepat padatempat tali sepatu.

Dribbling seperti ini sangat cocok digunakan jika kalian ingin bergerak cepat.

Kelebihan dari dribbling ini adalah memberikan permukaan yang datar pada bola dan juga dapat membuatbola belok secara menukik, hal ini dapat kita gunakan untuk menghindar dari lawan.

• Dribbling dengan bagian sol sepatu
Dribbling ini dilakukan dengan bagian alas sepatu/sol sepatu, dribbling ini sangat mudah digunakan ketika kita ingin mengubah arah bola.

2. PASSING
Sepakbola adalah permainan tim, sehebat-hebatnya seorang pemain, ia tetap tidak akan bisa menang tanpa adanya tim.
Untuk bekerjasama dalam tim dibutuhkan passing agar dapat menciptakan permainan yang baik dan dapat mencetak gol.

Passing adalah seni memindahkan momentum bola dari satu pemain ke pemain lain. Passing paling baikmenggunakan kaki, tetapi bisa juga dengan anggota tubuh lainnya.

Kenapa disebut seni ?? Karena sepakbola bukan hanya permainan tapi juga seni yang bisa dinikmati keiindahannya.
Dengan passing, kita akan lebih mudah membuka ruang untuk mencetak gol.

Passing dengan kaki dibagi 2 : Dengan kaki bagian dalam( untuk datar ), dan dengan punggung kaki ( untukbola lambung )

• PassingDatar(menggunakankaki bagian dalam)

Passing datar sebenarnya bisa dilakukan dengan kaki bagian luar dan sol sepatu, tapi cara terbaik untuk melakukannya adalah menggunakan kaki bagian dalam.

Mengapa? Karena di kaki bagian itulah permukaaan kaki lebih luas untuk menendang bola, sehinggakontrol bola lebih baik. Akibatnya passing lebih akurat dan memudahkan rekan tim kita untuk menerima bola.

Kegunaan passing ini sejatinya untuk jarak dekat, tapi juga bisa untuk jarak jauh. Resikonya jika digunakan untuk jarak jauh adalah bisa dipotong dan direbut pemain lawan, oleh karena itu jika ingin melakukanpassing jarak jauh baiknya menggunakan passing lambung.

• Passinglambung(menggunakanpunggung kaki)

Kegunaannya adalah untuk melakukan passing di lapangan pada jarak yang lebih jauh, dengan cara melambungkannya.
Passing ini harus menggunakan punggung kaki dengan cara menendang bola pada bagian bawah.

3. Trapping/Kontrol bola
Trapping adalah metode mengontrol bola (Intinya tehnik menghentikan bola)

Trapping dapat dilakukan dengan kaki,paha,dan dada, trapping/kontrol juga merupakan bagian penting dalam sepakbola. Sebenarnya semua bagian tubuh bisa digunakan untuk mengontrol bola, tapi yang paling baik digunakan dengan kaki,paha, dan dada.

4. Heading
Heading adalah gerakan melompat dan menyundu bola untuk beberapa tujuan, yaitu: memberikan umpan(passing), mencetak gol(shooting) dan mengamankan bola(deffence).

5. Shooting
Tujuan utama dalam sepakbola adalah untuk melakkan shooting ke gawang lawan dan mencetak gol.

Jadi shooting adalah kemampuan menendang bola untuk mencetak gol. Umumnya shooting menggunaankaki bagian kura-kura/tepatnya pada tali sepatu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *