Track Running Yang dapat dilakukan dan larangan

Diposting pada


Jual Running Track – ATLETIK Adalah sekumpulan olahraga ang menliputi lari, jalan, lempar dan lompat. Atletik dalah oalhraga tertua dan dianggap sebagai induk dari olahraga ( Mother of Sports ). Istilah lain adalah track plus field. Nomor perlombaan yang dipertandingkan di dalam atletik meliputi nomor lari, lempar dan lompat.Selain itu,terdapat perlombaab khusus, yakni jalan cepat, lari halang rintang, lari lintas alam. Ada pula nomor perlombaan campuran seperti pancalomba, saptalomba dan dasa lomba.

LARI JARAK PENDEK

Lari jarak pendek sering disebut sprint atau dash.Pelari jarak pendek dinamakan sprinter. Nomor yang dilombakan di dalam lari jarak pendek adalah nomor lari 100m, 200m dan 400m.

Sepatu yang dipakai seorang sprinter dinamkan spike, tengah balok tumpu untuk panjatan start dinamakan start block.

LARI JARAK MENENGAH

Nomor yang perlombaan lari jarak menengah meliputi nomor lari 800m, 1.500m dan 3.000m.

Lari jarak menengah memanfaatkan start berdiri, tengah lari jarak pendek memanfaatkan start jongkok.

LARI JARAK JAUH

Nomor yang dipertandingkan adalah nomor 5.000m dan 10.000m. Sedang lari marathon adalah lari jarak jauh yang dipertandingkan di jalan raya (tidak di lintasan atletik) bersama dengan jarak tempuh 42,195 km.Istilah marathon berasal dari legenda pheidippides, seorang prajurit yunani yang dikirim dari kota marathon (yunani) ke athena untuk mengumumkan bahwa bangsa persia telah dikalhkan pada pertempuran marathon. Dikisahkan bahwa ia berlari tanpa berhenti. Tetapi, begitu sukses memberikan pesan tersebut, ia meninggal dunia.

LARI  GAWANG  (HURDLES)

Perpaduan antara lari dan lompat.Nomor yang dipertandingkan adalah nomor 100m dan 400m (out door). Sedangkan lari gawang indoor adalah 60m dan 110m.

Dalam lari gawang 100m, ketinggian gawang 107cm bersama dengan jarak antar gawang 9,14m. Sedang untuk nomor 400m, ketinggian gawang 91cm, bersama dengan jarak antar gawang 35m.

Sedangkan untuk putri, lari gawang 100m, ketinggian gawang 84cm bersama dengan jarak antar gawang 8,5m. Sedang untuk nomor 400m, ketinggian gawang 76cm, bersama dengan jarak antar gawang 35m.

LARI  ESTAFET / BERANTING  (RELAY RACE)

Terdiri dari 4 pelari, di mana pelari I memanfaatkan start jongkok tengah pelari II, III dan IV memanfaatkan start melayang. Pergantian tongkat dikerjakan di di dalam jarak jangkau 20m di zone perubahan (wessell zone). Teknik perubahan tongkat ada dua, yakni :  Teknik semangat atas (Upsweep) dan teknik semangat bawah (downsweep). Panjang tongkat 28 – 30cm.

LOMPAT  GALAH  (POLE VAULT)

Lompat vertical bersama dengan alat bantu galah (tongkat panjang 4 – 5m)Atlit diberi peluang melompat 3 kali per ketinggian. Bila behasil ketinggian dinaikkan 8 – 15cm.

LOMPAT  TINGGI  ( HIGH JUMP)

Gaya lompat tinggi ada 4 yakni   :   1)  Gaya Gunting  ( Scissor )

2)  Gaya Guling Sisi  ( Western Roll )

3)  Gaya Guling Perut  ( Stradle )

4)  Gaya Punggung  ( Flop )

LOMPAT  JAUH  ( LONG JUMP )

Gaya lompat jauh ada 3 yakni   :    1)  Gaya Jongkok  ( Ortodok jenis / tuck jenis )

2)  Gaya Menggantung  ( Hang jenis / Schepper jenis )

3)  Gaya Berjalan di Udara  ( Walking in the air)

LOMPAT JANGKIT ( TRIPLE JUMP )

Cabang atletik ini dsebut juga hop, skip plus jump. Teknik lompat jangkit dimulai bersama dengan lari di lintasan yang di sajikan mencapai batas lari yang ditentukan. dari batas tersebut, atlit melakukan lompatan bersama dengan kaki (hop) yang digunakan saat mendarat pada batas lari tadi. Kemudian pelompat melangkahkan kaki (skip) yang satunya sebelum kelanjutannya menjejakkan kaki ntuk melompat (jump) ke bak pasir yang disediakan.

TOLAK PELURU  (SHOT PUT)

Dikatakan tolak peluru dikarenakan atlit mesti mendorong, bukan melempar, object berwujud peluru bersama dengan satu tangan saja. Dalam perlombaan internasional berat yang digunakan untuk putra 7,26 kg dan putri 4 kg. Terdapat dua jenis di dalam tolak peluru yakni teknik menolak bersama dengan awalan menyamping dan awalan mundur. Teknik awalan mundur yang diperkenalkan oleh Perry O’Brien dianggap lebih baik untuk mencapai hasil tolakan, sampai jenis ini paling banyak dipakai dan dinamakan jenis O’Brien.

LEMPAR  MARTIL  (HAMMER THROW)

Teknik melempar object berwujud bola besi yang diikat pada seutas kawat baja yang diayun memutar sebelum dilemparkan. Berat keseluruhan martil (besi+tali baja) adalah 7,26 kg.

LEMPAR  LEMBING   (JAVELIN THROW)

Panjang lembing putra 260-270cm berat 800gr. Sedang putri panjang 220-270 cm berat 600 gr. Panjang awalan lari 30 – 36,5 m  – lebar 4 m serta sudut lempar 29.

LEMPAR CAKRAM  (DISCUS THROW)

Berat cakram untuk putra 2 kg dan putri 1 kg.

PANCALOMBA  (PENTATHLON)

Nomor yang dipertandingkan adalah  :

Lari gawang  (110 m untuk putra dan 100m untuk putri)
Tolak peluru
Loncat tinggi
Lompat jauh
Lari 800m (untuk pi) atau lari 1.500m (untuk putra)
Pemenang didapat dari keseluruhan poin yang terkumpul dari masing-masing nomor perlombaan.

SAPTALOMBA (HEPTATHLON)

Saptalomba untuk atlit putri dikerjakan di luar ruangan (outdoor) sepanjang 2 hari.

Hari I yang dilombakan :       1.  Lari gawang 100m

Loncat tinggi
Tolak peluru
Lari 200m
Hari II yang dilombakan :      1.  Lompat jauh

Lempar lembing
Lari 800 m
Saptalomba putra dikerjakan di di dalam ruagan (indoor) bersama dengan jadwal sbb :

Hari I yang dilombakan :       1.  Lari gawang 60m

Lompat jauh
Tolak peluru
Lompat tinggi
Hari II yang dilombakan :      1.  Lari gawang 60 m

Lompat galah
Lari 1.000 m
Nomor-nomor pertandingan selanjutnya mesti dikerjakan secara berurutan.

DASALOMBA  (DECATHLON)

Dasalomba dikerjakan sepanjang dua hari bersama dengan nomor pertandingan sbb :

Hari I yang dilombakan :       1.  Lari 100m

Lompat jauh
Tolak peluru
Lompat tinggi
Lari 400 m
Hari II yang dilombakan :      1.  Lari gawang 110 m

Lempar cakram
Lompat galah
Lempar lembing
Lari 1.500 m
JALAN CEPAT (RACE WALKING) adalah olahraga berjalan secepat mungkin, denan masih memelihara ketentuan basic berjalan yakni tumit kaki depan mesti tetap menyentuh lintasan sampai jari kaki belakang meninggalkan tanah.Nomor jalan cepat yang dipertandingkan adalah jalan cepat 20.000m dan 50.000m (putra) dan 10.000 m (putri).

LARI HALANG RINTANG  (STEEPLE CHASE)

Lari halang rintang dikerjakan di stadion bersama dengan menempuh jarak 3.000m di mana pelari mesti melalui rintangan berwujud gawang (5 buah) dan kolam air (1 buah). Sehingga untuk menempuh jarak 3.000m, pelari mesti melalui 38 gawang dan 7 kolam air.

LARI LINTAS ALAM  (CROSS COUNTRY)

Berbeda bersama dengan lari marathon yang dikerjakan di alam terbuka dan beraspal, lari lintas alam dikerjakan di alam terbuka juga namun bersama dengan rintangan alam seperti sungai,tanjakan,semak, bebatuan,tanah pasir,rawa,jalan alami penurunan dll. Jarak yang dipertandingan nomor 10.000 m baik peorangan maupun kelompok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *